Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apresiasi Karya Tiada Henti

 


Kata Pengantar Buku

Penulis           : Dr. Yuni Asdhiani, M.Pd

Penerbit         : MediaGuru

 

Rekonstruksi Budaya Literasi dan Akademik

Wahyudin, M.Pd.I

(Ketua Pokjawas PAI Kemenag Kab. Bekasi-Pegiat Literasi-Penulis Buku)

  

Proses me-rekonstruksi budaya literasi dan akademik terus berjalan. Tidak mudah, tetapi harus diijtihadkan. Sebagai Tahadduts binni’mah, ini merupakan Kata Pengantar ke-9 dari 3 buku karya saya yang sudah terbit dan ber-ISBN yaitu Jejak Mualaf Literasi (2019), Literasi Spiritual (2020), dan Khotbah Berbasis Litersai Spiritual (2021).

Buku yang berjudul “Bunga Rampai Pembelajaran PAI (Pendekatan Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2022)” menjadi menu akademik yang dapat dijadikan bahan kajian dan referensi bagi pendidik, pengawas, mahasiswa, dosen dan stakeholders yang mencintai ilmu pengetahuan. Banyak wawasan yang dapat kita selami dari buku ini diantaranya: Mendalami Komparatif Kurikulum, Model-Model Pembelajaran, Penguatan Kognisi Kompetensi Guru PAI dan Penilaian Pembelajaran. Menurut hemat saya, sangat urgen untuk dipahami secara intelektualitas. Tentunya buku ini menguatkan profesionalisme bagi insan pendidikan seiring dengan dinamika keilmuan yang sangat akseleratif.

Karya buku keempat dari seorang Doktor Pendidikan UNJ ini, tentunya sebagai motivasi kuat untuk saya (yang sedang Studi S3 di UIN Bandung mulai Agustus 2022) dan Anda yang sedang mengambil metakognitif dari buku ini.  Ternyata, aktivitas menulis itu membutuhkan kekuatan proses berpikir dan motivasi tinggi. Di samping dibutuhkan kecermatan membaca, menganalisis, merenungkan, dan sekaligus mengalirkan kata demi kata menjadi kalimat bermakna (Hernowo Hasim dalam Free Writing). 

Lebih spektakuler lagi, penulis telah lulus keluar dari zona nyaman. Disela-sela kesibukan sebagai ASN Pengawas PAI Kementerian Agama Kabupaten Bekasi mampu mengukir histori akademik yang nantinya bisa dijadikan legacy berharga yang dapat memperkaya nuansa hasanah keilmuan bagi pengembangan pendidikan dan pembelajaran pada masa yang akan datang.

Saya ucapkan selamat kepada penulis, yang sukses mengukir karya bermakna sebagai resolusi visioner dalam memasuki tahun baru 2023 sehingga mampu menjadi teladan bagi generasi penerus  saat mengisi ruang Era Emas 2045.

Catatan Kecil Jejak Mualaf Literasi: 

Perum Puri Mutiara Indah (PMI) Cikarang Utara, 01 Januari 2023/08 Jumadil Akhir 1444 H.

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Apresiasi Karya Tiada Henti"